0

Ramadhan 2009

Sore ini 2 jam lagi menuju buka puasa, eh buka shaum. Tapi saya ngerasa ko rasanya masih lama ya,, hehe. umm, sebenernya saya udah kangen sama dunia tulis menulis. tapi bingung apa yang mau di share. soalnya kadang otak ini kerasa tumpul kalo udah depan keyboard. tapi kalo emang lagi banyak yang pengen di tulis, ya ternyata susah juga nampungnya, malah kewalahan sama jari-jari yang ngetiknya malah asal-asalan.

Eh sebenernya sih ada beberapa hal yang bener-bener saya rasa aneh di Bulan Ramadhan tahun ini. saya gatau orang lain ngerasain juga apa enggak, entah saya yang udah berubah? atau orang di lingkungan saya yang emang berubah? atau lingkungannya yang berubah? atau Ramadhan itu sendiri yang berubah? hmm..

Satu. suasana sahur yang bener-bener bedaa banget sama waktu saya kecil dulu. dulu semangat banget sahur, sampe-sampe udah standby dengan mata ngantuk depan piring yang masih kosong. kalo lagi susah bangun nih ya, babeh maksain saya supaya bangun dengan cara di gendong ke kamar mandi dan nyipratin air ke muka saya kalo saya masih males bangun. kalo sekarang kayak gitu ? enggak. kalo saya males bangun ya berarti sahurnya express dan cara ngebanguninnya pun udah ga se-so-sweet jaman dulu. sekarang udah pake teriakan super mamah. hahaha...

Dua. Engga ada yang namanya kuliah subuh. dulu saya rutin banget ikut kuliah subuh sama anak-anak komplek. meskipun mata lelah dan lesu nih ya, tapi abis sahur pasti langsung lari-lari ke mesjid buat sholat subuh abis itu nunggu siapa yang mau ngasih kuliah subuh. jadi buku ceramah yg mesti diisi itu pun cepet penuhnya, soalnya sehari nulis 2 kali ceramah, hha. abis itu maen monopoli (di mesjid), maen pris-prisan (di mesjid), maen ucing-ucingan (di mesjid) gila juga ya dasar anak kecil ga punya pikiran gitu tempat ibadah jadi ajang maen hha.. tapi lama kelamaan makin gede dan ngerasa aneh, udah ga ada kuliah subuh, kalo pun ada paling cuma sholatnya doang trus lanjut permainan yang tadi, di tambah bola bekel (di masjid), maen kartu remi ( di mesjid), maen congklak (di mesjid). dulu waktu lapangan bola yg ada di komplek saya itu masih ada, saya sama anak-anak komplek sering maen kasti disana... tapi sekarang udah berubah jadi bangunan gede dengan nama LAPAS ANAK-ANAK dan WANITA. sedih. padahal dulu pulang-pulang bisa nyampe jam 1 abis dzhur (sholat di mesjid juga), tapi sekarang yang bisa nyampe siang tuh bangun tidurnya (hha kalo libur dan lagi cape kan?).

Tiga. Kegiatannya aneh. dari awal puasa udah kerasa anehnya. ga ada selandap-selundup ke kopsis sekolah buat makan ato sekedar minum (gara-gara lagi ga shaum, maklum cewe. hhe). Engga ada pesantren kilat yang khas banget tiap tahunnya. yang ada cuma kuliah dengan jadwal yang masih labil and libur. dan yang pasti , makin sini makin puyeng sama buka shaum bersama. makin meluas lingkungan kita, maka makin banyak komunitas, dan makin sering buka bareng dan... kalo buka barengnya salah tempat ato salah acara, bisa-bisa bukan manfaat yang ada, tapi mudharat. salah satunya jadi boros, hhe... jadi buka bersama juga kayaknya emang harus di pilah-pilah sesuai waktu yang cocok apa engga, tempat yang mungkin dijangkau dengan cepat dan mudah apa engga, dan harga yang pas di kantong apa engga. hehe.

Empat. Ngabuburit? udah ga seasik dulu. paling-paling sekarang dihabisin dengan hape ato komputer. padahal dulu biasanya suasana komplek tuh rame sama anak kecil yang siap-siap mau ke mesjid buat sekolah TPA, atau sekedar maen di jalan yang engga ke pake, ato jalan-jalan sore buat nyari makanan pas ntar taraweh. hehe

Lima. Berbuka. kebetulan tahun ini dan beberapa tahun belakangan emang udah mulai kerasa beda, biasanya dulu pas buka tuh udah pada ngumpul semua anggota keluarga. sambil nunggu adzan dan pas kedengeran adzan langsung hebo baca doa buka. tapi sekarang, udah ga bisa sering bareng-bareng. dan emang kebetulan sekarang saya jadi punya 2 tempat tinggal. di rumah dan di kontrakan. jadi udah ga se-formal dulu kalo mau buka. dulu makan abis buka bisa ampe kekenyangan banget. sekarang malah dikit. kadang lupa makan juga sampe-sampe sakit perut.

Enam. Tarawihnya. Dulu masih sibuk sama Buku catetan amal, tadarus and ceramah. pasti rajin banget bawanya. engga lupa bawa tasnya tuh malah tas sekolah, dan isinya penuh dengan makanan. pas orang lain sholat tarawih, sering banget dulu rakaat yang ke 5-8 suka bolos alias ga ikut sholat. tapi malah makan makanan yang dibawa dari rumah. dan mamah suka bawel kalo saya kayak gini. makanya saya gamau sholat tarawih deket mama. soalnya harus tamat terus sholatnya padahal imamnya lamaaa banget bacanya. hehehe. mesjid penuh banget. 2 shaft yang penuh sama anak kecil. kadang pas sholat suka iseng narikin mukena ato nyenggol-nyenggol badan temen yang lain. haaaa. tapi itu dulu berlakunya sampe SMP kelas 2an. udah kelas 3 and ampe SMA mulai serius sholat sampe tamat and gabawa makanan lagi selain buku ceramah, hha. tapi sekarang udah ga ada. sholat udah bareng kok sama mamah, hha. dan ga pernah di omelin lagi. Tapi jadi sering bolong-bolong. banyak banget tarawih yang bolong tahunini . :(

Tujuh. Baju Lebaran. tahun ini engga ada yang namanya baju lebaran. kebetulan masih ada baju yang baru-baru dan belum dipake lebih dari 2 atau 3 kali. dan uang buat beli baju lebaran lebih milih di simpen di rekening buat jaga-jaga entar. aduhh padahal kalo pengen mah pengen sih. tapi mau gimana lagi. harus belajar ngehemat ya? hhiks. Tiap tahun pasti wajib beli baju baru buat lebaran, apalagi waktu masih kecil, bajunya harus ada temanya. sekalian juga harus matching sama sendal ato sepatunya. lama kelamaan paling baju baru n sepatu baru yang biasa aja ga usah banyak-banyak. yang penting bisa dipake di dua hari lebaran itu. maklum, kampung mamah sama babeh sama-sama di cianjur tapi beda tempat. aga jauhlah. mungkin kayak dari sini ke jatinangor kali ya. jadi hari pertama pasti di rumah Umi (mamahnya mamah) sambil nunggu warga kampung jero yang dateng ke rumah umi, mobile keliling kampung dan keliling sodara dari apih and umi dan nyekar juga ke kuburan-kuburan yang ada di kampung2 berbeda.. hari kedua baru ke rumah ema (mamah dari babeh), dan sama. nyekar and keliling sodara juga. tapi makin tahun karena jadwal kedatangan para keluarga yang beda, jadi udah ga bisa dilakuin bareng-bareng lagi. aga-aga misah. yah itulah pentingnya baju lebaran yang banyak. hehe.

Delapan. Mudik. biasanya tiap tahun persiapan mudik udah dilakuin dari seminggu sebelumnya. walaupun mudiknya kebilang deket -di cianjur-, tapi sekarang malah nyantai banget dan belum tau kapan berangkat kesana. hmm.

Tapi ada yang ga beda tiap tahun. Awal Ramadhan pasti mesjid penuuuuuuuuuuuuuuuh banget! sampe sholat aja jadi susah kalo mau berjamaah di mesjid. Lama-lama makin berkurang orang yang berjamaah dan kalo minggu terakhir Ramadhan pasti udah sepi. paling cuma ada 1 atau 2 shaff. hmm. ngenes juga. udah pada mudik kali ya?

0 lost people:

Back to Top