2

A Nostalgic of Kompas Muda



A year ago..
Kompas Muda 3rd Anniversary, Jakarta
.
Kompas Muda Bandung Batch 2.

I miss the moment ..
where we were so unified..




















Captured by: @Mahesa15

4

Selamat Jalan, Cuy! :'(




***


***

Hello Cuy!!!

Biasanya tiap ketemu orang pasti lo nyapanya begitu, Mas. Sayangnya sekarang lo gak bisa bilang kayak gitu lagi ke siapa pun, begitu pula ke gue. Jadi kangen dipanggil cuy sama lo, Mas. Gue yakin temen-temen yang lain juga kangen sama panggilan lo itu....


***

#MenulisSuratRindu to @BagasDP a.k.a Bagas Dayu Perdana


***


Wah, mas. Harusnya hari ini kita ada di acara puncak Ulang Tahun Kompas Muda. Tapi ternyata takdir berkata lain, ya. Gue yang asalnya udah fix banget mau ke Jakarta ternyata mendadak gak bisa.. dan lo pun, semenjak tanggal 15 udah bener-bener gak bisa dateng.... sayang banget ya. Padahal gue kangen banget ngumpul Batch 1 bareng Batch 2 buat ngobrol sana-sini.. Tapi ternyata kenyataan ini emang harus kita terima...

Satu waktu hidup adalah satu tali yang putus..
dimana ada awal dengan tangisan dan berujung juga dengan tangisan...

....

Di tanggal 15 Februari, magrib menjelang malam Swandi sms gue. Dengan sms yang singkat dan padat namun gak jelas dia bilang lo meninggal. Gimana bisa gue percaya sedangkan dua hari sebelumnya kita baru aja sms-an! Gue kirain dia bercanda.. tapi gue gak bisa terima saat candaan ini keterlaluan. Gue pun langsung sms lo tapi gak ada balesan. Sungguh gue kanget banget waktu gue buka twitter......

Gue masih belum percaya apa yang gue baca, Mas... :'(


Saat itu, tugas gue yang setumpuk mendadak hilang dari hal yang harus cepet-cepet dikerjain. Gue gak bisa nahan air mata gue, Mas... dengan segala ketidakpercayaan gue, gue masih pantengin timeline dan inbox gue. Pesan-pesan berhamburan. Satu bulir air mata pun gak ada yang bisa gue tahan... Baru kali ini gue kehilangan seorang teman dan gue bener-bener sedih...

Bahkan lo perlu tau, Mas. Orang-orang yang gak kenal lo pun turut berduka cita buat lo.... gue yang masih sesek tiba-tiba ingat ada beberapa hal yang belum kita obrolin.. gue ngerasa hal itu jadi hutang buat gue.. janji, bakalan gue ceritain di surat singkat ini...


Satu persatu teman-teman gue pergi terlebih dahulu.. termasuk lo.. I was shocked you left us in your young age, 22. I'll never forget your role and contribution in @ and @ . Selamat jalan, Mas. I still couldn't believe it that you died because cancer.. and you know what, it was on World's Cancer Day . Thanks for showing your spirit to do a lot of activities without complaining. Maaf Mas Bagas gue gak bisa liat lo disemayamkan.. gue berdoa dari jauh ya. Maaf gue nangis,,, Jadi inget pertama kali gue kenal lo...



Pertama kali tau lo waktu gue sama tim dari SMA 24 ikut lomba Bikin Koran Kamu Jadi Keren di Sabuga pas gue masih kelas 3 SMA (Mei 2009). Gak nyangka, gue dan tim gue ternyata menang juara 2 bikin koran... Sejak itu gue taunya lo ketua Batch 1 Bandung yang mukanya jutek banget. Sampai akhirnya kenal di akhir Oktober 2009 karena gue jadi batch 2 kompasmuda dan lo gak sejutek yang gue pernah kira. Gue kira lo udah tingkat akhir loh waktu itu, eh ternyata cuma 2 tahun di atas gue... hehe (ini gue nangis sambil ketawa loh, Mas)

Lo ngebantuin gue & temen-temen batch 2 Bandung setiap mau bikin event. Jujur saat itu gue kadang ngerasa risih karena lo suka ikut-ikutan dan nimbrung plus ikut campur semua hal, ya walaupun gue maklumin karena lo emang senior.. apalagi ditambah insiden "Monas". Waktu itu gue & temen-temen batch 2 sempet kabur bentar waktu acara HUT kompas muda di Jakarta Februari 2010. Yak, setahun yang lalu. Lo senewen banget sama kita. Nelponin and nanyain terus kita ada dimana. Sedangkan saat itu, gue sama anak-anak lagi nikmatin air mancur menari dan gak lupa foto-foto. Nah cerita tentang ini yang belum sempet kita obrolin. Gue yakin kalo kita bahas sampe tuntas insiden ini lo bakalan ngakak sama kelakuan kita..


Gak mungkin gue lewatin kesempatan gitu aja, ada di Monas malem-malem, WOWWWW! Tapi saat itu gue akuin gue ngelakuin semacam guilty pleasure. Gue sama anak-anak juga agak gak enak sih pergi kelayapan di luar jadwal. Tapi mau gimana lagi... Lo marah karena kita pergi tanpa bilang-bilang dan lo bilang kita gak ngehargain jadwal acara yang harusnya malam inagurasi. Padahal niat awal gue sama anak-anak cuma mau cari makan doang karena kita bosen makan KFC tiap hari.. kita khawatir ntar muka kita lama-lama jadi kayak pantat ayam hehe.. waktu itu gue cuma bisa diem aja daripada dimarahin. Lagian juga dulu masih ada jarak "senior" sama lo. Jadi ya nurut-nurut aja walaupun malu sebenernya..


Habis acara Kompas Muda beres, gue gabung di Kompas Kampus berdasar ajakan lo. Inget banget waktu itu pas @ selese traktiran dan lo cuma ngajak beberapa bagian dari batch 2. Hal ini juga bikin ada sedikit kecemburuan dan gue pun jadi gak enak sama anak-anak yang lain. Tapi, berdasarkan instruksi lo karena di kerjaan yang baru ini butuh komitmen yang tinggi. Yang lucunya, saat itu gue dan yang lainnya pasrah dan kalau ada yang nanyain tentang projek baru ini cuma lo yang harus tanggung jawab ngejelasinnya kalo ada missunderstanding di antara sesama volunteer, hehe. Gak kerasa ternyata gue jadi deket sama lo gara-gara event Kompas Kampus. Ngerjain ini itu, jadi sekretaris lo, plus bareng-bareng sama yang lain buat roadshow to Campus..

Sampai akhirnya lo sering ngeluh sakit dada & batuk-batuk terus. Tinggal gue dan Kak @mswynnz yang sering kerja rodi sampe malem di kantor karena yang lain pada pulang ke kampung halaman masing-masing.. meskipun gue masih heran kenapa lo ngasih amanat ke gue buat jadi person in charge event kompas kampus Bandung selama lo sakit dirawat di RS persahabatan Rawamangun itu.. :'( sebelumnya lo gak mau bilang dirawat. Setelah dipaksa akhirnya lo ngasih tau gue dimana lo dirawat. Beruntung ada @RizkiJSaputra and @harukazebanri . Mereka nemenin gue nengok lo di RS. Kebetulan banget waktu itu gue lagi liburan di Jakarta :'(

Mas... Lo sakit gara2 lo perokok aktif.. rokok dan kopi item.. lo sendiri yang bilang dan gue pun menyimpulkan hal itu. Waktu ditengokin, paru-paru lo sampe dilubangin gara-gara ada cairan bercampur darah di sana :'( tapi waktu itu lo dan dokter pun bahkan belum tau lo sakit apa. Habis itu lama gak ada kabar ternyata lo sakit kanker paru-paru.. :'(

Tapi lo rajin kemoterapi dan nanyain update Kompas Kampus, dan gue pun selalu minta update kesehatan lo. "Mas Bagas.. lo sekarang udah kemo yg keberapa?"

Baru sempet ketemu lo lagi pas perkenalan Batch 3 Bandung di kantor November 2011. Lo dateng dengan kepala total tanpa rambut, tanpa alis & tanpa kumis .. semua anak-anak Kompas Muda Bandung kaget liat lo kurus banget dan kita semua kasian banget sama keadaan lo. Tapi lo selalu ketawa dan nyengir-nyengir. Lambat laun kondisi fisik lo yang gue tau makin pulih beres kemo, rambut-alis pun tumbuh lagi dan lo bercanda, "Eh Pi, gue udah gak bisa liat tuyul lagi.. " saat itu gue ketawa, padahal dalem hati gue gak tega liat lo pelontos semua...

Gue kira lo sembuh dari kanker, bahkan pas event selanjutnya pun lo sehat. Terakhir ketemu waktu lo nengokin gue di RSHS Januari 2011 itu . Pacar gue pun bilang kalo lo keliatan sehat-sehat aja waktu lo jenguk gue bareng @finafinfina @Mahesa15 @luluululu dan @hendrikprayugo ke RSHS.. tapi ternyata hidup gak ada yang tahu...

Dua hari sebelum lo pergi buat selamanya, gue sms semua anak-anak buat konfirmasi ikut/engga di HUT Kompas Muda tahun ini, ternyata lo bilang gak bisa ikutan.. . Dan anehnya sehari sebelum lo pergi juga gue tiba-tiba inget lo pas liat orang naik sepeda ke waktu kita iseng boncengan dan diketawain anak-anak waktu event.. dan ternyata alasan lo gak bisa ikutan HUT Kompas Muda tahun ini di Jakarta udah jelas.. lo meninggalkan kami semua duluan... :'(

Terimakasih Mas, udah nunjukkin arti kerja keras dan serius dalam bekerja...
Terimakasih udah ajakin gue buat event ini itu..
Terimakasih udah bikin gue ngerti gimana caranya bikin laporan keuangan dan rekapan bon...
Terimakasih buat kerjasamanya...

Mungkin surat rindu ini dicukupkan sampai sini, maaf Mas bikin lo harus baca.
Selamat jalan, sedih ternyata kita gak bakalan pernah berjumpa lagi....

***

Bagas adalah perokok aktif yang sering bergadang larut malam. Dia terkena kanker paru-paru 8 bulan yang lalu yang sekarang telah merenggut nyawanya.. untuk teman-teman yang merokok, saya cuma mau bilang ternyata rokok memang jahat. Peringatan di bungkus rokok itu kenyataan.. Saya cuma berharap teman-teman yang masih merokok tetap diberikan kesehatan dan sesegera mungkin lah berhenti merokok. Jangan ada bagas lain yang menderita..



* Love, live and laugh...


4

Thankful



Terimakasih Tuhan,
Engkau memberikan seseorang untukku yang luar biasa sabar dan luar biasa baiknya.
Terimakasih telah membuatnya selalu menemaniku.
Aku menyayanginya.
Terimakasih.
Terimakasih.
Terimakasih.
:)


Back to Top