3

The Appetite : A Passion



Aktivitas benar-benar berpengaruh terhadap pola makan. Bukan-bukan. Pikiran yang sangat mempengaruhi pola makan. Apa perlu saya makan otak saya (yang menyimpan berjuta pikiran saya) supaya saya bisa ingat jadwal makan? Eh, bukan. Supaya saya mau mengikuti jadwal makan, maksudnya.


Dari kecil sampe SMA saya engga pernah ketinggalan yang namanya sarapan. Mau itu telat, pasti sarapan. Engga sempet sarapan bukan berarti engga sempet disuapin mama. Tapi kalau emang engga sempet disuapin Mama, bawa bekal makanan ke sekolah pun jadi kebiasaan. Bisa dimakan langsung di kelas (tanpa ketauan guru, tentunya) ataupun waktu jam istirahat. Serba banyak jalan menuju Roma. Soalnya kalau engga makan pagi ngefek banget sama kondisi badan. Tapi entah kenapa semenjak masuk kuliah kok gampang banget ya engga sarapan, dan engga ngefek apa-apa.

Bahkan semenjak kuliah, lapar bisa ditahan. Satu hari satu kali makan bisa jadi kebiasaan. Tapi herannya, badan ngembang--- Aneh bukan. Padahal kegiatan berjibun, makan pun jarang, cukup jadi satu hal yang fenomenal #halah. Cuma, sekarang-sekarang udah mulai ga bisa ke-kontrol. Makan apapun jadi dan tidak toleransi terhadap perut. Engga makan nasi seharian bisa, tapi diganti sama yang jahat-jahat. Contohnya kemarin, saya lupa makan nasi. Tapi makan nugget-kentang goreng-baso malang-mie aceh dengan porsi super pedas. Sehari sebelumnya juga makan yang pedas-pedas. Sehari sebelumnya juga...sehari sebelumnya juga... ya... sedari dulu saya engga bisa stop sama yang namanya pedas, semacam udah jadi satu hal yang ngedarah daging gitu deh. :D

Efek? Sakit perut seharian. Guling-guling dan bolak-balik kamar mandi (yang tentunya bukan buat mandi :p ) Padahal saya udah tau resiko beginian, tapi kenapa masih tetep dilakuin ya? Apalagi dilakuin saat perut engga cukup menyerap makanan yang ada gizinya. Ah... mudah-mudahan aja tabiat buruk saya berubah gara-gara yang perhatiannya nambah, kayak yang satu ini. Si lelaki muka datar dengan sifat altruismenya (perhatian terhadap kesejahteraan orang lain tanpa memperhatikan diri sendiri/tindakan berkorban untuk menyejahterakan orang lain tanpa menghiraukan balasan sosial maupun materi bagi dirinya sendiri), alias si Pacar dengan kesediannya menjadi Dokter Nutrisi buat saya :D. Begini katanya:

1. Makan pagi ga wajib. Tapi klo mau, makan makanan yang mengandung protein saja.
2. Makan siang usahain yang mengandung karbohidrat. Klo setelah makan ada aktifitas, porsinya dikurangin.
3. Oh iya, makan siang hukumnya wajib.
4. Makan malem dianjurkan buah/jus aja. Tapi terserahlah, bebas. Asal jangan makan makanan berlemak. Soalnya mau tidur.
5. Jangan makan makanan yang terlalu pedes. Apalagi dipagi hari.
6. Jangan lupa makan yang berserat juga. Biar lancar..
7. Bagusnya puasa senen kamis. *ajak2 klo mau puasa*
8. Sering2 makan bareng urang. Biar romantis. #hehe

*hasil kutipan dari twitternya dia.

Ya.. dulu yang ngingetin cuma orangtua. Mungkin mereka udah kewalahan sama anaknya yang bandel dan ngeyel ini. Mudah-mudahan pola makan ini membaik dan bisa makan makanan yang bergizi lagi.

Ah, apa mungking nafsu makan seringkali menghilang gara-gara udah jarang makan masakan mama? :'(

Red Guava sedang lapar.

pict from deviantart.com

3 lost people:

Feny mengatakan...

tak usah khawatir karena sepertinya penyakit menunda makan lalu jajan aneh2 itu dialami hampir setiap orang termasuk saya. Padahal jajan kan ga dosa yah? Habis semuanya kelihatan enak. *maksa*

BlogAingKumahaBedoe mengatakan...

like this lah...

Unknown mengatakan...

to Fenny :

wah kita sama-sama doyan jajan nih. mudah-mudahan ga dosa, supaya bisa dilakuin sering-sering :D

to Bedoe :

of course. thanks doc :p

Back to Top