2

[REVIEW] Solomon Kane

MOVIE
ACTION & ADVENTURE
3 STARS from 5


Director: Michael J. Bassett
Writers: Michael J. Bassett (screenplay) & Robert E. Howard (character)

Casts :
James Purefoy (Solomon Kane), Rachel Hurd-Wood (Meredith Crowthorn), Jason Flemyng (Malachi)

Di saat lagi suntuk berat ngedadak, saya melarikan diri buat ngeliat ini film. Dan lagi-lagi, sesuai kebiasaan saya, tanpa ngeliat review dan posternya, saya nerobos maen nonton aja ngedadak gara-gara ngeliat film ini yang maen tepat setelah saya pulang kuliah. Nampaknya berbau horor, pikiran saya pertama kali denger judulnya.

Hah? Horor?

Dan bukan sih, inti alur film ini adalah, seorang Solomon Kane yang dikutuk buat masuk neraka karena udah terlalu banyak ngebunuh orang. Tapi dia terus menghindar gamau dibawa ke neraka sama monster dari sana. Padahal dia udah ga ngerasa bersalah membunuh siapa saja yang menghalangi jalannya, dia berasa menjadi devil. Dan ga boleh ada yang lebih takut selain sama dirinya. Dia meloncat dari menara yang tinggi dan ternyata dia selamat sementara setahun tinggal di kuil pastur-pastur yang beneran nakutin. Sampai pada saatnya dia diusir oleh pastur itu karena hawa kegelapan mulai datang. Sempet gamau, tapi akhirnya Kane pergi juga, menjadi peziarah dalam arti berkelana.

Nah, dalam perjalanannya itulah dia ngeliat pemandangan yang engga oke, situasi di Inggris pada masa kegelapan dimana engga ada satu orang pun yang bisa ngelawan kekuatan penyihir! Dia sempet kena aksi penjarah, tapi akhirnya dia diselamatin suatu keluarga yang baik-baik dan mulai kena unsur gelap dari Kane. Terbabat habis itu keluarga oleh rombongan The Rider yang menjadi utusan Malachi si Penyihir yang berkuasa saat itu, yang tersisa hanya seorang Ibu dari keluarga itu dan seorang gadis yang diculik untuk dijadikan budak Malachi, yaitu Meredith.

Selanjutnya adalah usaha Kane menemukan Meredith dengan berbagai tantangan, dan ya, membunuh lagi-membunuh lagi. Kane yakin harus menyelamatkan Meredith karena ayahnya telah mengatakan kalau Kane berhasil menyelamatkan Meredith maka Kane akan diampuni dosanya dan terbebas dari neraka. So? itulah ceritanya. USAHA MENYELAMATKAN MEREDITH dengan menebas habis orang-orang yang berubah mirip zombie karena sihir Malachi.

Settingnya sedikit ngingetin sama situasi gereja tua di tengah hutan di film The Omen. Dan setting lainnya itu gelap dan dingin, perang sana sini, tebas kepala sana sini dan tusuk badan sana sini. YAWWWW. tapi asik sih, diliatin banget soalnya. Harusnya ini film temanya menebas kepala orang. Suasana Inggris di masa kelam oke punya, settingnya keren, saya suka. Tapi dari segi cerita, errrr. kok aga miskin ya menurut saya. Lucu aja gitu ada makhluk dari neraka yang mau narik manusia terkutuk buat dibawa ke neraka hanya lewat cermin besar. Ah ya gitu deh, meskipun unsur cerita dan kenangan masa lalu Kane cukup jadi twister di bagian akhir film, tapi yang saya suka itu setting dan adegan-adegan tebas-tebasannya. meskipun agak berurai air mata sih pas adegan si Kane tau kalau ayahnya masih hidup dalam naungan Kastil Aoxmouth (ehm curgia salah ngetik, CMIIW) yang dikuasai Malachi.

2 lost people:

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" mengatakan...

hehehe.....

boleh deh mbak resensinya.... demen nonton film yah??? Kayanya udate banget......

btw punya fb ga???

Unknown mengatakan...

ehehe thx yaaaa
iya nih demen, haduh gara2 uas dan tugas menumpuk, review yg lain belum sempet kepublish haaaa
iya semenjak kuliah jadi update, SMA masih kuper haha
tapi untuk film yg ini aku saranin kamu beli DVDnya aja hehe
ada2,, cari aja pia zakiyah..

Back to Top