0

[REVIEW] Robin Hood (2010)

MOVIE
ACTION & ADVENTURE
4 STARS from 5


"Rise and Rise Again, Until Lambs Become Lions"

NEVER GIVE UP!!!!

Director : Ridley Scott
Writers : Brian Helgeland (screenplay & story)

Cast : Russell Crowe (Robin Longstride), Cate Blanchett (Marion Loxley), Max von Sydow (Sir Walter Loxley), William Hurt (William Marshal), Mark Strong (Godfrey), Oscar Isaac (Prince John), Danny Huston (King Richard The Lionheart), Eileen Atkins (Eleanor of Aquitaine), Mark Addy (Friar Tuck),  Matthew Macfadyen (Sheriff of Nottingham), Scott Grimes (Will Scarlet), Alan Doyle (Allan A'Dayle), Douglas Hodge (Sir Robert Loxley)

Jangan salahin saya kalau saya sebenernya engga terlalu interested waktu pertama kali denger ROBIN bakal memanah hati saya, eh memanah Indonesia, semenjak tampilan doi di 3:10 to Yuma, ogah nonton doi lagi. Soalnya di tahun 2007 itu saya berhasil dibuatnya tidur selama film diputar sejak 30 menit pertama sampai 15 menit terakhir (seingetnya kira-kira gitu*). Ya, saking bored dibuat Crowe waktu itu. Banyak kecewa gara-gara saya mikir bakal WEH seenggaknya mirip Gladiator... namun entah mengapa ya, beda. Namun sekarang Crowe engga salah pas ngeluncurin panahnya lewat Robin Hood 2010. PAS! TEPAT SASARAN!

SO, here it is :
*awas, kayaknya ada spoiler dikit


Inggris, dimana perang salib ketiga telah usai dan King Richard The Lionheart akan kembali ke London, mengalami situasi panas di dalam kastil. Prince John, sang adik dari King Richard, benar-benar menyebalkan. Mulai dari mematahkan hati Isabelle, istrinya, karena dia tengah selingkuh dengan Eleanor ---dan itu disaksikan ibunya. Oh KEJAM! Padahal Eleanor adalah sepupu dari King Phillip dari Perancis. Yang sebetulnya si King Phillip itu adalah musuh dari Kerajaan Inggris. Sementara diluar sana, King Richard akan menyerbu dan menyerang Kastil milik King Phillip. Sungguh hubungan adik-kakak yang buruk, karena Prince John benar-benar dibutakan warisan dan tahta, dan sebetulnya dia ingin King Richard mati sebelum sampai ke London.

Terkabullah keinginan Prince John, King Richard yang bertempur diluar sana akhirnya mati terpanah. Sementara itu, Robin Longstride dibebaskan dari tahanannya oleh salah satu pegawai perang dan memulai strategi baru untuk petualangannya dan terbebas dari peperangan yang dipimpin King Richard. Namun di tengah perjalanannya, dia dan rombongannya menemukan penyerangan terhadap Sir Robert Loxley dan pasukan yang membawa mahkota King Richard yang telah mati. Belakangan diketahui, Godfrey akan melakukannya demi niatan busuknya itu, melihat kehancuran Kerajaan Inggris karena kematian King Richard yang hebat digantikan oleh Prince John yang sangat bisa dengan mudah diakali dan di liciki oleh Godfrey. Dimulailah keberuntungan Robin ini, karena dia berhasil membawa mahkota King Richard yang tidak berhasil direbut oleh Godfrey dan pedang milik Sir Robert Loxley yang dimintanya untuk di kembalikan kepada ayahnya di Nottingham. Namun sayangnya, panah robin meleset ketika memanah Godfrey. Namun mulai saat itu, Godfrey mengenali wajah robin dan berniat menghapuskan jejak kebusukannya dengan menghapus Robin.

Parahnya si Robin, malah punya ide gila yang bikin dia berani mengaku sebagai Sir Robert Loxley. Padahal Sir Robert sudah mati ketika di serang Godfrey. Robin tetap mengantarkan mahkota King Richard kepada Ratu Inggris, dan mulai saat itulah, Prince John berubah menjadi King John dengan Eleanor di sampingnya. Robin dan rombongannya langsung mengaburkan diri dan membagi harta jarahan masing-masing. Setelah itu, Robin bertekad untuk mengembalikan pedang Sir Robert Loxley, padahal sebelumnya dia tidak betul-betul berniat untuk mengembalikannya. Namun, kata-kata "Rise and Rise Again, Until Lambs Become Lions" yang ada di pegangan pedang itu terasa sangat familiar baginya. Sampai pada saatnya dia sampai di Nottingham dan bertemu Marion serta Sir Walter Loxley, istri dan ayah Sir Robert dulunya, dia menemukan apa yang selama ini dia cari dan mencoba untuk memperjuangkan apa yang telah ditanamkan ayahnya pada dirinya secara tidak langsung lewat piagam kebebasan dan kesamaan hak untuk setiap warga Inggris.

Ya, Robin mencoba membantu warga Nottingham untuk melawan korupsi dan tirani yang dilakukan Sheriff Nottingham yang telah membuat rakyat Nottingham menderita dan kehilangan benih serta gandumnya. Dia mulai berkompromi dengan Friar Tuck si pastur gereja sekaligus pemilik "bisnis lebah", dan setelah itu, kebahagiaan mulai terpancar dalam diri Marion, ketika Robin berhasil menanam benih yang sebenarnya telah dia dapatkan di hutan Sherwood. Selanjutnya? Adalah usaha Robin memperjuangkan keadilan bagi rakyat Inggris dan berperang membantu King John untuk melawan pasukan King Phillip dari Perancis yang ternyata pasukan Perancis dibantu Godfrey yang telah mengkhianatinya.

Liat review di webnya 21 Cineplex sih kesannya lebih ke cerita Robin yang berjuang di Nottingham terus-terusan, eh pas saya nonton saya ngerasa ini film  nunjukkin cerita tentang bagaimana dia kembali ke tanah Inggris dan tanpa dia tau kalau dia dicari-cari buat dibunuh Godfrey dan ditambah usaha Godfrey yang ingin memecah-belah Inggris. Ya, semua itu untuk perang  Inggris melawan Perancis. Jangan  ngebandingin Robin di sini dengan robin sebagai pencuri kayak di Prince of Thieves. Dan ya, saya agak pusing dikit diawal cerita soalnya beda -beda dikit inti ceritanya sama yang ayah saya ceritain dan di cerita Robin lainnya. Hehe namanya juga cerita rakyat yang banyak versi ya. Yang pasti ceritanya kompleks dan keren, bervariasi dan engga monoton di satu titik. Konfliknya ini itu. AH suka, apalagi pas bagian Walter ngelawan Godfrey, padahal Walter buta. OH MY GOD. Apalagi perangnya.. OH SUKAAAAA!!!

Aktor ganteng yang lahir di Wellington ini, tampangnya tetep blend sama orang-orang british. Dan oh, sama kata salah satu temen saya, laki-laki itu kayak anggur, makin tua makin AWW. Oh Crowe, udah tua tapi gantengnya tetep deh!

Paling suka dialog,
Marion : "Darimana kau dapatkan benih itu?"
Robin : "Kalau ku beritahu, itu bukan rahasia."

Jangan sampe  merem dikit aja kalau pas perangnya lagi berlangsung, nah foto di poster itu jadi puncak IYES karena Robin bener-bener keren nunjukkin dirinya sebagai pemanah ulung!

0 lost people:

Back to Top