0

[REVIEW] Sherlock Holmes



MOVIES
ACTION & ADVENTURE
5 STARS from 5


Aduh, Sherlock Holmes yaaaa. Siapa sih yang ga penasaran sama film ini??? Entahlah orang-orang pada suka sama film ini apa engga, yang pasti, saya SUKAAAAA BANGET!!! Haha. Walaupun nonton di K dan paling pinggir dan ga enaklah ya tau sendiri keadaan nonton layar lebar dengan posisi paling depan, tapi, film ini berhasil bikin saya ga nyesel udah mengabaikan film-film lain yang lagi marak. Avatar penuh, blablabla penuh sampe Suster Keramas pun penuh! Alhasil nunggu 2 jam buat bisa nonton yang satu ini. Bukannya sok sibuk atau gimana nih ya (sebel banget yak bahasanya, buat yang ga suka tendang aja, hehe),  tapi sebagai anak kuliah yang banyak tugas dan padat jadwal kemaren-kemaren bener-bener ga bisa yang namanya nyempetin  penasaran nonton, setelah Assasin (dengan Rain yang seksi abis smooch smooch itu tapi darahnya berlebih) inilah film Action-Adventure-Crime-Drama-Mystery yang baru di tonton lagi (jujur Sang Pemimpi and  Avatar  pun saya belum nonton :D. kalo suster keramas sih ogah nontonnya).

Ahh dari pada kelamaan malah curhat juga, with “Nothing Escapes Him” as its tagline,  inilah detektif handal kita yang berhasil masuk nominasi Golden Globe Award  :*

<b>Director : Guy Ritchie
Release Date : 27th of December 2009
Cast : Robert Downey Jr (Sherlock Holmes), Jude Law (Dr. John Watson), Rachel McAdams(Irene Adler), Mark Strong (Lord Blackwood),Eddie Marsan (Inspector Lestrade), Robert Maillet(Dredger), Kelly Reilly (Mary Morstan)</b>

Film ini dibuka dengan penampilan kota yang benar-benar nampak tua, dan ada Detektif yang mulai nampak keriputnya lagi nyontohin adegan-adegan manjur buat ngelawan musuh, yap, dengan mukul leher, rahang,puklulan dan tendangan, Holmes berhasil masuk ke bangunan yang cukup nyeremin dan nampaklah ritual aneh, dengan seorang gadis yang terlentang di atas meja pesugihan dengan dress putih yang atasannya cukup seksi terkekang dan terlihat kesurupan di kelilingi orang-orang berjubah hitam dengan sepatu necis, ya merekalah kawanan Blackwood. Namun sayang sungguh disayang, saat gadis itu dimantrai supaya nusuk dirinya, Holmes bertindak layaknya ksatria bertopeng,, YES! Dan gadis itu ga berhasil mati.

Alhasil Blackwood ga berhasil buat ngebunuh gadis ke-6 itu, ya sebelumnya dia udah ngabisin nyawa 5 gadis yang dia pikir buat pengorbanan. Sedangkan London udah sangat takut akan Blackwood yang ngincar nyawa gadis-gadis muda. Dengan kedok blackmagicnya, Blackwood dihentikan Holmes dan mulai masuk penjara. Cuman ada hal yang aneh, Sebelum Blackwood dihukum gantung, dia Cuma pengen ketemu Holmes. Holmes datang dengan berani ke selnya Blackwood tanpa takut bakal dikasih guna-guna sama si Blackwood, ya, padahal ada satu opsir yang kejang-kejang kesurupan ngerasa dirinya dibakar setelah mejaga selnya Blackwood. Blackwod ga ngucapin dengan eksplisit apa yang dia maskud, yang pasti dia pengen bikin Holmes penasaran dengan bilang, Walaupun saya mati, akan tetap ada 3 pembunuhan lagi, dan kamu akan gila!

Holmes meracik kata-kata Blackwood dan masih ga percaya ilmu hitam. Sampai saat Blackwood digantung dan penduduk Kota London gegap gempita merasa senang, Holmes masih ga tenang. Namun kematian Blackwood sudah bisa dipastikan oleh Dr. John Watson alias sahabat karibnya si Holmes.

Keadaan berubah drastis, Holmes dan Watson yang semula ga percaya dengan kabar yang baru aja dia denger pun bertindak santai aja. Barulah ada yang janggal bener-bener terasa pas mereka saksiin Blackwood di kuburannya udah ga ada. Yap. Dia bangkit dari kuburnya. Dan apa yang bisa dilihat di peti matinya?  Incaran Irene mantan istrinya ada di situ udah mati ditemani belatung-belatung nakal.. ih… jiji.

Holmes dan Watson pun mulai beraksi. Ya, padahal Watson udah bertekad buat fokus ke pernikahannya yang akan datang. Cuma, dasar si Holmes, bisa aja bikin si Watson ini supaya tetep ikut. Apalagi kehadiran mantan istrinya, Irene, yang bikin Holmes tetep jantungan dimabuk cinta. Mary, sebagai calon istri Watson pun masih setia menunggu cincin yang bakal Watson kasih. Meskipun banyak terjaid dilemma, Holmes and Watson tetep nelusurin jalanan London, nemuin bukti-bukti disertai aksi duel mereka ngelawan antek-antek jahatnya Blackwood, ngikutin misteri yang mereka temuin dibalik konspirasi yang bikin jantung deg-degan terus.

Waktu nonton film ini saya banyak keingetan sama Harry Potter (karena logat britishnya yang kental dan hawa London yang gelap), kebetulan saya ga pernah baca novel satu pun tentang Sherlock Holmes ini, dan sekali nonton filmnya, bener-bener ga ngecewain.  Sir Arthur Ignatius Conan Doyle bener-bener hebat udah bisa bikin cerita dengan detail misteri dan pemecahannya yang fantastis, sampe bikin pikiran saya bilang, “HOLMES BENERAN NYATA!!”.

Just spent about 128 minutes, and I didn’t feel regret to watch this one! Humor yang diselipin disetiap adegan Holmes udah jadi trade mark santainya Holmes dalam memecahkan masalah. Dan Guy Richie di mantan suami Madonna ini bener-bener pinter bikin film yang keluar di penghujung 2009 dengan sajian kumuh dan ga bangetnya London. Apalagi dipadu sama unsur ilmu hitam yang bisa bikin masyarakat dipenuhi pikiran takut dan bisa gampang dipengaruhi penguasa yang menjabat saat itu.

Banyaknya adegan slow motion di film ini ga boring ko. Sampe flashback yang masih aga susah saya cerna pun ternyata bisa jadi ramuan ajaib holmes buat mecahin kasus.  Walaupun kadang di beberapa adegan ada bagian yang udah mulai kerasa kesel belum ada aksi berikutnya, namun sang sutradara pinter ini bisa ngasih kejutan yang bisa bikin saya teriak ,, Aww Aww!!!

Pasti banyak yang udah nonton film ini lah ya, tapi saya tetep mau publish review dadakan saya ini ah… gara-gara saya beneran kepincut sama akting kerennya lelaki-lelaki matang ini. Cocok banget buat orang-orang pinter yang pengen hiburan berisiditengah film indonesia yang naikin hawa nafsu orang-orang dan film luar yang masih jadi box office. Yap, buat orang telat mikir juga ga masalah (hehe) doalnya hiburannya bisa bikin pinter and secara ga langsung kita dibikin ikutan nganalisis kasus. Selamat menyukai! 

0 lost people:

Back to Top