2

apa yang kamu mau


sebagai orang yg memang susah untuk tidak berinteraksi dengan orang banyak, saya tidak tahu kapan harus mulai pensiun dari segala rutinitas yg menyibukkan ini. ada kalanya orangtua memaksa saya untuk menghentikan kegiatan-kegiatan yg saya mau di luar kegiatan belajar tok dari buku apa dari dosen. tapi yg saya rasa , saya tidak bisa belajar tanpa kegiatan diluar pembelajaran formal yang orangtua ingin saya fokus pada hal tersebut. saya dari dulu hidup dan belajar dari segala hal yg saya akan, sedang, dan pernah lakukan. dan itu bukan semerta-merta hanya keformalan seperti kutu buku atau pelajar berkacamata, menenteng buku kemana2, hanya pergi ke sekolah untuk belajar, dan bersenang2 di perpustakaan. saya bisa melakukannya, namun saya lebih senang jika menambahkan kegiatan lain selain hal itu. aktif dan energik, kalau boleh narsis ya saya kayak gitu. boleh lah dibilang lebay, tapi bukan dikeburukan. hanya untuk membuat orang lain senang ko. lebay yg positif. hmmm, meningkatkan rasa berkompeten dan percayadiri ini didapat karena kemarin ada beberapa hal yg membuat saya ingin mengemukakan hal ini. seorang ayah yg tidak mau anaknya terlalu aktif di luar kegiatan sekolah dan seorang ibu yg setuju akan pendapat suaminya tapi tetap menyiapkan segala sesuatu keperluan anaknya bahkan untuk keperluan ekstrakulikuler anaknya yg bisa dihitung lebih dari satu tangan. dulu, waktu di sd nih ya, saya anaknya centil dan aktif. kegiatan pencak silat, puisi, nari, pasukan aubade upacara, nyanyi, dan pramuka diikuti. setingkat kemudian di smp saya ikuti osis walau tidak terlalu aktif dan pmr. gara2 operasi besar appendix chronics di kelas 2 maka saya tidak sepenuhnya turut berkecimpung dalam kegiatan2. tp saya masih bernyanyi dan aktif. karena kisah sedih saat maju ke sma, dan sempat debat akan sma yg saya mau. pada akhrnya saya menurut saja. tetapi saya hanya mau masuk ke sma yg ayah saya pilih dengan satu syarat : saya diizinkan dan boleh mengikuti kegiatan apapun yg saya mau tanpa ada larangan. dan ayah saya menyetujuinya. deal. segala kegiatan saya ikuti. osis, pecinta alam, beladiri, paduan suara, vokal grup, dan klub bahasa inggris. beragam kegiatan saya ikuti sebaik2nya dan tidak kewalahan. saya tetap mempertahankan peringkat 1 dari semenjak taman kanak2 hingga kelas 1 sma. tp kelas 2 dan 3 sma itu berbeda. kemalasan melanda dan perhatian terhadap pelajaran berkurang. padahal les inggris ikut, les ini itu juga. pergi pagi pulang magrib. from 6am to 6pm. ternyata saya lelah. padahal saya telah meninggalkan dunia keorganisasian meskipun tidak seutuhnya. saya jenuh berhadapan dengan kimia-fisika-matematika. saya ternyata tidak suka eksak. nilai saya tergantung mood,dan mood itu sering terganggu saat mendapatkan guru yg tidak seperti apa yg saya mau. sepositif apapun pikiran yg coba saya berikan,tetapi jika cara mengajarnya tetap mengganggu, saya tidak akan menyerap apapun. konsentrasi buyar. dan prestasi akademik menurun. peringkat 2 selama kelas 2,dan peringkat 7 di semester pertama kelas 3. fokusnya saya pada studi ternyata hasilnya tidak terlalu bagus,bahkan jelek kalo saya boleh bilang. saya rindu saat saya semangat belajar untuk membuktikan saya bisa mempertahankan prestasi saat saya berorganisasi dan beraktivitas, yg justru semangat itu menurun dan diikuti olehnya yg dinamakan prestasi berbanding lurus justru saat saya sangat study oriented. jadi mah, yah, tidak semua orang itu sama. saya punya cara tersendiri untuk meraih apa yg saya mau. tetapi saya galau, apakah yg akan saya ulang kembali di kampus sekarang saat kegiatan itu padat akankah sama efeknya seperti dahulu saat saya sibuk dengan dunia berorganisasi dan dapat meningkatkan prestasi saya? tolong saya ayah, mama. untuk selalu menjadikan kalian sebagai motivasi terbesar saya meskipun terkadang kita berbeda pemikiran dan cara untuk meraih tujuan yg sama baiknya. amin.

2 lost people:

atanotonogoro mengatakan...

hehee semuanya balik lagi ke kamuuu. kamunyaa haruss semangad buad ngejalanin semuanyaaa. sebelum ada penyesalan karna gg optimal. tapi aku rasa kamu termasuk orang yang mampu ngejalanin banyak kegiatan :) semangad yaa dear.

Unknown mengatakan...

hmmm. . . iya jg sih ya.. hehe... makasih sarannya ;) mudah2an pia bisa ngejalanin semuanya..... amin....

Back to Top