0

Hiduplah Indonesia Raya......

ini catetan yang gue bikin dan mengundang komentar heboh dari temen gue di FB,


Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku
Saya ingin berbagi rasa saya di hari ini, apapun pandangan kalian terhadap tulisan saya, yang pasti :

Selamat Hari Ulang Tahun, Indonesiaku!!!

17 Agustus 1945, yeah. Saat itu kita semua tau, jam 10 pagi dimulai upacara proklamasi kemerdekaan oleh Ir. Soekarno ke seluruh penjuru negeri ini, namun saya yakin betul saat itu Negara kita bahkan belum benar-benar merdeka. Sampai saat ini para penjajah tanah air sudah terasa kembali ke kampong halamannya dan meninggalkan kita sukacita di sini, apa kita yakin betul penjajah itu telah pergi??

Kita ada di masa kini, 64 tahun terhitung sejak dibacakannya. Rasa Nasionalisme masih dipertanyakan, dan penjajahan masih berlanjut. Penjajahan pada diri kita yang mungkin hanya kita dan Tuhan yang tahu. Saya hari ini berada di rumah dan saya baru merasakan rindunya udara pagi yang berdebu ketika hentakan kaki-kaki itu beradu dengan tanah. Dan saat tangan kanan berada di atas pelipis, sambil beradu sapa dengan teriknya matahari , mendengarkan nyanyian yang khusyuk buat negeri ini. Oh, I miss it, so damn.

***

Oke, cukup dengan berformal-formalan dan balik lagi ke rutinitas. Saya nggak nyangka saya bakalan kangen situasi itu, padahal itu adalah peristiwa yang setiap tahun saya alamin selama 12 tahun kemaren, dan saya ngerasa bosen pada saat itu.

Di 6 tahun pertama, pagi-pagi saya udah siap sama seragam merah putih saya, dan topi merah bertuliskan “tut wuri handayani” di kepala saya. Sekolah saya waktu itu tiap tahunnya selalu ikut upacara di Lapang Sepak bola Arcamanik Bersama masyarakat kecamatan tersebut, dan saya selalu ingin ikut berperan menjadi salah satu orang yang berperan menjadi pasukan aubade yang bernyanyi-nyanyi itu atau yang terlihat seperti gerak jalan itu dengan rapih, maka saya gabung jadi tim upacara tiap senin, bacain Teks Pembukaan Undang-undang Dasar. Saya seneng banget, dan saya enggan tuker kerjaan dengan anggota tim upacara yang lain. 17 Agustus, adalah hari yang paling saya suka, soalnya saya tau saya bakal dapet banyak hadiah. Lomba makan kerupuk, engga ada yang pernah ngalahin saya. Bola joget yang ditempel di kepala, kelereng, saya selalu jadi juara satu. Hahaha, yang lainnya ada juara 2 ato 3, yang saya heran, saya engga pernah juara balap karung. Masih sekitaran bulan agustus, saya disibukin sama panggung yang ada di komplek, duluuu banget saya masih berani joget-joget sama temen komplek saya yang lain. Trus yang paling saya suka tuh yang ada kabaret-kabaretnya gitu. Ohh, kemana ya mereka??

3 tahun berikutnya, saya udah pake putih-biru. Dan tiap tahunnya saya jadi aubade paduan suara. Di 2/3nya, saya jadi pemimpin yang katanya disebut dirigen. Tapi saya ga suka sama kata dirigen. Yeah, pas udah pake seragam putih biru ini saya mulai males upacara. Panas dan bikin cape, itu kesimpulan saya. Lapangan bola yang harusnya ada di depan sekolah saya dan dimiliki warga kecamatan saya, udah ga ada, beralih jadi pembangunan LAPAS ANAK-ANAK dan WANITA. Dan saya engga suka. Soalnya upacara jadi jauh. Dari yang harusnya ada diJalan Pacuan Kuda, eh pindah ke Cisaranten. Yeah, wilayah komplek rumah juga saya mulai cuek, ngga berminat dapet hadiah, engga ada panggung yang saya tunggu-tunggu. Dan saya engga akan pernah mau tampil depan umum sambil nari lagu Maissy yang judulnya Ci Luuk Baa, atau Cikita Meidy dengan kuku-kukunya, atau Trio Kweek kweek dengan Katanya, dan Hello Dangdut yang dibawain Saskia Geovanni. Hal-hal itu ga bakalan ada di pikiran saya lagi.

3 tahun terakhir, adalah saya yang pake putih abu-abu. Terlalu sibuk ngurusin acara kelas yang diwajibkan sekolah ---yeah, adat istiadat disekolah saya tiap tahun emang bikin rese--- ngecat kelas (independence, kamu mau pilih warna apa, bebas) pasti cape, trus harus ikut standby sampai acara pesta rakyat selesai, hahahha. Saya jadi ingat saya pernah juga jadi panitia 17an di sekolah saya, ternyata cape juga ya. Hehe. Kalo soal upacara? Saya engga berani lagi jadi dirigen, anggota paduan suara putih biru ini udah susah diatur, sering bolos latihan, dan ngeyel (hahahaha, I’m so sorry guys. Me too.)makanya saya standby jadi sopran aja, diundang ke kecamatan ujung berung buat hadir upacara dan nyanyiin lagu ini-itu. Ohhh, actually saya mulai bĂȘte. Rutinitas kayak gitu ternyata saya udah ngalamin dari dulu banget, dan masa 3 tahun terakhir ini ternyata adalah masa puncak kebosanan saya. Tapi saya heran kenapa saya masih bisa ngejalanin ya??

Ini adalah tahun baru, tahun pertama dimana saya bakalan kuliah. Dan tahun ini engga ada upacara buat saya. Ospek aja belum di mulai, apalagi kuliahnya, apalagi upacara kemerdekaannya. Yang ada saya Cuma duduk depan tv dari pagi dan tiba-tiba ngerasa sirik sama mereka yang bisa upacara. Ohhh Lord, saya kemaren-kemaren engga suka upacara, tapi kenapa saya sekarang bisa kangen suasana-suasana 17an?? Saya engga liat gebuk bantal, ato yang lainnya. Saya udah ngerasa lingkungan saya beda, mungkin di lingkungan lain masih ada, tapi tetep, saya rasa ini beda dengan yang pernah saya alamin dulu. Dan saya kangen itu. Mungkin kekangenan saya gara-gara kemaren.

Kemaren saya nonton MERAH PUTIH, dan saya nangis waktu nonton film itu. Bukan gara-gara artis ato ceritanya, tapi gara-gara saya inget saya bisa nonton di bioskop gara-gara mereka yang udah ngorbanin diri dengan susah payah. Ohh God, apa ini termasuk rasa nasionalisme? Jujur, meskipun saya engga ngerti sama arti kata itu, tapi saya masih nyari sebenernya apa yang mesti saya lakuin sama nasionalisme itu. Diluaran sana saya denger temen saya teriak persetan dengan nasionalisme, tapi saya engga mau ikutan kalo saya emang engga disetanin. Saya jadi mikir, hobi saya baca sejarah udah harus dimulai lagi, walopun saya bukan anak IPS, saya punya hak ngerasain sensasi kesel-sedih-seneng pas baca segala sesuatu tentang sejarah, dan niatnya sekarang udah beda, bukan buat nilai ulangan, tapi buat kita ngehargain perjuangan.

***

Eh gue ngomong apa sih barusan???

0 lost people:

Back to Top