0

[REVIEW] CONFUCIUS

MOVIE
DRAMA
2 STARS from 5




Director : Mei Hu/Hu Mei (Banyak versi, gatau yang mana yang bener)
Cast : Chow Yun-Fat (Kong Qiu), Zhou Xun, Chen Jianbin, Yao Lu, Zhang Xingzhe, Ren Quan, Ma Qiang

YA....

Well..

Okay...

Saya sebenarnya terlalu banyak terlambat dalam mem-publish review (kalau sebagian orang menganggapnya begitu)---tapi ya mau gimana lagi :D . Anyway, saya bebasin orang-orang buat nganggap review saya ini beneran review, baik itu bermutu atau engga. Haha. Saya menulis dengan gaya tulisan saya yang semrawut. Semoga yang membaca mengerti

Haa... cukup basa basinya. Langsung ke Review. Minggu kemarin dan kemarinnya lagi saya nonton film ini. Dan jujur, ini pertama kalinya saya nonton tapi gatau mau nonton apa. So, saya tanya aja tuh mba-mbanya di ticket box, "Mba yang lagi rame banyak yang nonton apaan ya mba?" Dengan lantangnya si mba-mba itu menjawab, "Confusius". setelah saya bertanya kembali ke mba-mba tersebut supaya yakin tu film bakalan rame, jadi ya saya beli juga tiketnya.

Kosong, ga ada bayangan. Dan eh? Pas film dimulai, Chow Yun Fat?? Wah rame dong kayaknya. Semenit dua menit, Ohhh film tentang jaman dulu nih kayaknya, ancient of China. tiga menit empat menit, rrrr masih belum ngerti. Kerajaan-kerajaan gitu deh kayaknya. Wah obrolan dan kata-kata yang dikeluarin tiap tokohnya bagus buat di catet nih. Ya, itu kira-kira pikiran saya di 5 menit pertama film Confucius ini sambil menikmati popcorn hambar dan manis yang dalam sekejap sudah lenyap.

Saya tonton... dan seingat saya sih saya ketiduran dan engga tau berapa lama. Yang pasti yang saya inget adalah, ratusan tahun Before christ itu ada kerajaan-kerajaan kuno di China yang lagi dalam masa-masa feodal. Mereka bersaing satu sama lain, melakukan perang dan membuat perjanjian kalau engga mau terjadi perang. Adalah Kong Qiu sebagai pemikir di kerajaan itu yang mewakili Kerajaan Lu untuk membantu rajanya berdiplomasi dan memulihkan keadaan yang menyangkut masalah sosial di kerajaannya. Tak-tik yang Kong Qiu gunakan banyak yang berhasil dan membuatnya diangkat menjadi menteri. Namun dia akhirnya diasingkan karena ada perlawanan dari prajurit-prajurit kerajaan Lu dan ada sangkut pautnya dengan Kerajaan Qi yang melakukan kecurangan (lawan Kerajaan Lu saat itu). 

Selebihnya, setelah itu adalah cerita tentang pengembaraan hidup Kong Qiu, yang pas saya bangun udah agak tua dan mulai membingungkan. Menjelajah China dan hijrah dari satu kerajaan ke kerajaan lain bersama pengikutnya yang notabenenya "belajar" ilmu dari Kong Qiu---yang terkenal di China kuno itu. Padahal  pakaiannya gembel abis. Lama dia berkelana, berkali kali ternyata diminta kembali ke kerajaan Lu dengan segala taktik Raja dari Kerajaan Lu namun masih ditolak. Apa akhirnya Kong Qiu ini mau pulang ke tanah kelahirannya?? Apa akhirnya bahagia??

Ya. Pokoknya di awal sampe tengah film saya ngantuk banget dan tidur. Kata-katanya terlalu berat buat ukuran saya yang lagi pengen nonton film yang ringan dan ga bikin pusing mikir :D. Boring dan aneh. Sayang banget pengemasannya kayak gitu. Atau emang film kayak gini bakal selalu ngeboringin? Tapi ada beberapa adegan di film yang di China ini dikasih judul "Kong Zi" yang bikin saya terharu. Salah satunya adalah adegan es pecah saat Kong Qiu ngelewat di atasnya, dan salah satu muridnya mati gara-gara sibuk nyelametin "buku"/"kitab" yang waktu itu mereka tulis sedikit demi sedikit. Nangis loh saya di situ. Sampe segitunya demi nyelametin ilmu pengetahuan yang udah mereka perjuangkan. Bener-bener touching---walopun saya sebel kenapa pengikutnya yang lain ga ada yang bantuin si Yan Hui---pengikut setia Kong Qui yang mati tenggelam di es itu.

Ah ya, spoilernya ternyata banyak. Hehe. Conclusionnya---> Confucius berhasil bikin saya Confused dengan 125 menit yang saya habisin di kursi bioskop. Would you mind to retell the story of this movie? Sebenernya saya bingung mau kasih bintang berapa, di satu sisi settingannya keren, dan berani banget sutradaranya ngambil cerita ini buat ngabisin dana yang lumayan gede, tapi di sisi lain, oh it's so boring, dude.

intinya pengembaraan dan yang paling saya daptin adalah feel tentang pendidikan, how it was started. Sungguh dodol saya nonton film tanpa melihat dan memilih mau nonton film apa, yang bahkan di awal baca judul film (dan belum liat posternya) saya ga ngeh kalo Confucius yang dibicarain adalah Pemikir dan pelopor pendidikan yang terkenal itu. Haha :malu *blush*.

"Jika saya disukai oleh orang-orang, itu karena buku saya. Jika saya tidak disukai, itu juga karena buku saya."
kalo ga salah sih itu kata-kata terakhirnya. CMIIW
 

0 lost people:

Back to Top