0

[REVIEW] THE BOX

MOVIE
DRAMA
2 1/2 STARS from 5




Well, sebelum saya nonton Edge of the Darkness yang reviewnya saya tulis di sini, saya kemaren, akhir bulan Januari nonton The Box duluan. Untungnya saya dapet nonton gratis barengan anak Kompas Muda Jakarta di PS abis rapat buat acara Kompas Muda 3rd Anniversary beberapa minggu lagi. Dari Palmerah menuju lah saya barengan yang lain ke Senayan. Sayang padahal masih ada 14 seats kosong yang ga kepake sama anak Kompas Muda. Ckckckc. Padahal gratis.

Director: Richard Kelly
Casts : Cameron Diaz (Norma Lewis), James Marsden (Arthur Lewis), Frank Langella (Arlington Steward), James Rebhorn (Norm Cahill), Sam Oz Stone (Walter Lewis), Gillian Jacobs (Dana)

Film dibuka dengan ketikan dari sebuah pesan yang sebenernya sampe sekarang saya ga ngerti. Sampe akhirnya film ngehadirin satu keluarga yang tampaknya sangat bahagia, yaitu keluarga Lewis. 1 wanita dan 2 orang ganteng, yaitu seorang ayah dan anaknya. Ah curiga bakal betah nih, gitu pikir saya. And then main tebak-tebakan dimulai dari kedatangan seseorang yang ga dikenal, he's Steward. dan dia nawarin hal yang bener-bener bikin kaget, uang satu juta dollar kalo Norma Lewis mau mencet tombol yang ada di kotak yang sebelumnya telah dia kirim ke rumah itu pagi harinya. Dengan syarat ga boleh ada seorang pun yang tau dan Norma ga boleh nanya-nanya tentang cerita dibalik kenapa dia diminta mencet tombolnya. Tapi ada konsekuensinya, ketika dia mencet tombol itu, di lain tempat ada orang yang meninggal gara-gara dia pencet tombol itu. Ini gila, pikir Norma. Dan dia gamau ngelakuinnya.


Sampe akhirnya dia dapet masalah yang cukup bikin bingung dia dan Arthur, suaminya. Uang potongan biaya buat murid udah ga da, sedangkan dia ngajar di tempat anaknya sekolah juga. Dilain pihak Arthur juga  bingung, cita-cita dan masa depannya buat jadi astronot gagal, dengan hasil dia gagal di tes psikologinya. otomatis keuangan mereka terhimpit, dan mereka butuh uang.

Perdebatan dimulai, barengan juga sama kecurigaan-kecurigaannya. Tapi Norma milih buat mencel tu tombol,,, ANDDDDDDDD.... di lain tempat, seorang istri tertembak langsung ke jantung dengan hasil penyelidikan kalo yang ngebunuh itu suaminya, padahal suami yang ngebunuh itu adalah suami yang sayang banget sama istri dan anak. Tapi keterangan ga bisa didapetin lebih lanjut, sang suami penembak itu udah kabur.....


Norma ngedapetin uangnya, tapi dia ragu-ragu. Arthur pun langsung lari dan dia pengen ngembaliin uang itu, tapi udah terlambat, gitu kata Steward. Mulai dari situ lah hidup mereka sekeluarga dipenuhi misteri tentang siapa itu Arthur, hubungannya dengan NASA (dimana Arthur gawe), dan hubungannya dengan lelaki penyayang si penembak istri.

Banyak yang kurang logis di film ini. contohnya aja ini film nyeritain jaman dulu kan, tapi mereka masih nampak "modern". trus pas situasi dimana mereka ngalamin dilema dan asumsi kebangkrutan, mereka masih bisa have fun sana sini. Saya bingung deh mau suka atau engga sama ini film. Jujur, saya malah ngebayangin ini film dibuat versi comedynya, soalnya saya gatellll gara-gara banyak hal ga dijelasin di sini. bener-bener mikir deh. Ngegantung.

Menurut info yang saya dapet sih ni film kan dulunya tv seri, mungkin sang sutradara malah keteteran naro cerita yang sebenernya bisa lebih ringkas, tapi malah ngayayai-- kalo orang Sunda bilang. (baca : berlama-lama). Jadi banyak detail yang ga kebahas dan aga ga nyambung seh kayaknya satu sama lainnya. Apalagi ternyata ni film udah dari 6 November 2009 tayang di Amrik. jyahahaha telat ga sih? Ni film 115 menit tapi ko kerasanya jau lebih lama banget gitu daripada Edge of The Darkness.

Tapi, disamping filmnya yang ngeboringin dan efeknya yang agak--terlihat--rekayasanya (kecuali muka Steward yang keren banget MAKE UP ARTISTNYA!!!! serasa nyata mukanya serem gitu), saya ga bisa nutup hati saya juga buat ngacungin jempol buat ni film. temanya simple sebenernya. Manusia jangan gampang terlena sama uang kalopun dihadapkan pada dilema yang sulittttttt. sekalinya kita terlena, eh bisa aja di lain tempat sebenernya ada yang lebih kasian. Intinya bukan uang kali ya, tapi usaha. Simple but Sure.

You Are The Experiment  and this film was My Experiment toooooo.

0 lost people:

Back to Top