0

[REVIEW] The Ron Clark Story

MOVIE
EDUCATION
4 1/2 from 5


Sudah bukan saatnya lagi saya menolak kenyataan bahwa saya bersedia atau tidak nantinya menjadi seorang pengajar. Dan ya, menjadi pengajar itu benar-benar tidak mudah. Membutuhkan pengalaman dan mental yang kuat, serta kesabaran dan kreatifitas yang tidak terbatas. Kreatifitas? Itu adalah salah satu kunci utama untuk menjadi seorang guru yang sukses. Seorang guru yang sukses bukanlah guru yang mengajar anak-anak pintar, tapi guru yang sukses adalah guru yang berhasil mendidik anak-anak yang ibaratnya HVS berantakan, perlu dirapiohkan dan diisi ilmu-ilmu yang bermanfaat supaya menjadi orang yang sukses & saya percaya akan statement itu.

The Ron Clark Story diambil dari pengalaman nyata Ron Clark, seorang pendidik  dari kota kecil North Carolina yang pindah Ke New York dan mencoba untuk memberikan metode pembelajaran yang berbeda kepada anak didik yang ada di sekolah dasar public yang dia tempati. Dia adalah guru ke 61 di kelas yang dia pilih, ya, dia menolak untuk mengajar siswa-siswa baik, dia memilih sendiri kelasnya untuk mengajar siswa-siswa yang sangat tidak patuh terhadap peraturan. Kepala sekolahnya pun sempat meragukan, namun dia memberi kesempatan kepada Ron Clark.

Director: Randa Haines
Writers (WGA): Annie DeYoung (written by) & Max Enscoe (written by)
Casts : Matthew Perry (Ron Clark)

Pertama kali dia datang ke kelas itu sungguh semrawutan keadaannya, dan dia mencoba membuat peraturan di kelas itu yang memaksa anak-anaknya menurutinya. Sampai akhirnya sedikit demi sedikit keajaiban pun terjadi, Clark mendapatkan simpati dari para muridnya satu persatu. Dengan segala aktivitas pembelajaran yang kreatif, Clark disenangi anak-anak sambil dia pun belajar bersama anak didiknya.

Namun saat dia mengajarkan tentang Gaya gravitasi, sesuatu terjadi, semula anak didiknya menganggap Clark pura-pura pingsan ke tanah untuk memberi contoh gaya gravitasi, tapi Clark tidak terbangun juga. Anak didiknya merasa sedih ternyata Clark terkena Pneumonia dan tidak dapat mengajar untuk beberapa waktu. Namun Clark tetap memberikan pelajaran lewat webcam yang diputar di kelas. Tapi ternyata saat Clark kembali ke sekolah, progresifitas dari para siswa-siswinya menurun. Padahal anak didiknya itu memberikan sambutan atas kedatangan Clark kembali mengajar. Dan mulai lah perasaan gagal dari dalam diri Clark muncul, dan ia mulai memperbaikinya sampai akhirnya hasil yang sangat baik dari hasil proses pembelajarannya itu dia terima. Dia tidak menyangka kelas yang dia didik menjadi kelas terbaik dan memiliki murid-murid yang memiliki nilai yang bagus di akhir ujian

Metode pembelajaran Clark sangat menarik, dan The Ron Clark Story ini benar-benar menginspirasi saya untuk dapat menjadi pendidik yang baik dan kreatif. Kelas yang amburadul dan jauh sekali dari kata patuh, rajin, dan menghargai kesopanan, akhirnya dibawah bimbingan Clark bisa menjadi kelas yang sukses. Sekolah yang dia tempati sekarang sebelumnya tidak pernah membantu anak didiknya meneruskan sekolah ke Middle School atau High School. Dikarenakan lingkungan, murid-murid yang telah lulus biasanya hanya menjadi pengedar narkoba dan PSK. Mereka tidak pernah diberikan kesempatan untuk memiliki cita-cita. Tetapi Clark, dengan usahanya dan sebagai guru yang memiliki kewajiban atas perkembangan pendidikan peserta didiknya, telah menumbuh kembangkan cita-cita mereka. Hal itu ditunjukkan saat Clark men-setting ruang kelas dengan beragam propertinya seperti ada yang berulang tahun, lengkap dengan kue tart dan lilin yang menyala. Clark membagikan lilin-lilin itu satu persatu kepada muridnya sebagai bentuk "make a wish" untuk masa depan mereka.

The Ron Clark Story ini dirilis tanggal 13 Agustus 2006 di Tv Amerika Serikat. Memenangkan 3 Award serta menjadi nominasi untuk Golden Globe Award dan 12 nominasi lainnya. Ron Clark pun menerbitkan buku The Essential 55 and spent 13 weeks in NY Times. WOW. Keren sekali. Udah gitu tampil di Oprah, menjadi guru terbaik dan bestseller serta bukunya dipublish dan  disebar di 25 negara di dunia.

A Worth thing to see.


0 lost people:

Back to Top