0

[REVIEW] The Hurt Locker

MOVIE
ACTION & ADVENTURE
3 1/2 STARS from 5


Saya engga tertarik nonton film ini sampai akhirnya ini film ga ada lagi di theatre. Dan sampai akhirnya film berdurasi  131 menit ini memenangkan 6 Oscars and 72 wins & 46 nominations. Kok bisa? Apalagi dari review dan update dari dunia maya begitu menggairahkan, menyukai dan mendukung ini film menang di Oscar. Dan ya, ngalahin Avatar. So, itulah mungkin alasan yang dijadiin bioskop-bioskop itu menanyangkan kembali film ini. Dan ini film tahun 2008. wew.

Director : Kathryn Bigelow
Casts : Jeremy Renner (Staff Sergeant William James), Anthony Mackie (Sergeant JT Sanborn), Brian Geraghty (Specialist Owen Eldridge), Guy Pearce (Sergeant Matt Thompson), Ralph Fiennes (Contractor Team Leader), David Morse (Colonel Reed), Evangeline Lilly (Connie James), Christian Camargo (Colonel John Cambridge)

Ini adalah kisah dimana tentara Amerika yang dikirim ke Irak harus menjinakkan bom. Dan hadirlah di sana seorang penjinak bom professional yang sering banget gegabah dalam ngejinakin bom, ya, walopun gitu dia tetep berhasil ngejinakkin bom. Dia adalah James yang belum lama jadi tentara yang dikirim ke Irak. James bersama tentara-tentara lainnya setiap hari menjinakkan bom seakan-akan udah jadi makanan sehari-hari mereka. Petualangan di Irak kayak ngitung kembang api tahun baru, countdown everyday.

James adalah orang yang aneh, dia terus-terusan bertahan di medan bom itu sambil ngelawan “pemberontak” dari tanah itu. Sementara yang lainnya ingin cepat pulang, justru dia merasa hidupnya nyata di medan perang. Intinya, film ini ngejinakin bom. Dan saya stuck buat nyeritain alurnya.

Jujur, saya nonton film ini ya gara-gara itu tadi, heboh sana-sini. Belum tentu saya suka ini film kalo ga kepengaruh orang-orang. Di lain sisi, saya suka cara ini film menyajikan peperangan di Irak yang notabenenya banyak yang ga mau ngangkat jadi film. Dan ini bukan cerita yang mana yang menang, yang mana yang kalah. Apalagi unsur kemanusiaannya pun masih tetap ada, kalopun mereka sebagai tentara yang ngebantu negaranya buat nguasain Irak, tapi mereka masih menjaga orang-orang Irak itu supaya ga kena bom. Saya jadi bingung kenapa mereka ada di sana. Gatau otak saya yang ga nyampe, atau gatau gara-gara settingnya terlalu kering jadi bawaannya haus dan jujur lagi, saya agak ngantuk nonton itu.

Tapi, diliat dari film-film perang, saya suka ini. Saya masih bisa melek dan nangis.

P.S. : udah lama di ketik tapi baru sempet di publish. Haha.

0 lost people:

Back to Top