0

Harus Lebih Banyak Lagi Berdoa dan Berusaha

Dalam waktu kurang lebih dua jam setengah, Hari Rabu ini akan berakhir.

Akhirnya.

----

Salah, pikiranku salah. Kukira dengan cepat berlalunya Hari Rabu ini akan membuat pikiranku lebih segar dan lebih jernih. Tapi yang kurasa sekarang malah lebih mumet, puyeng dan kleyengan. Ah.. apa yang aku inginkan masih abstrak. Meskipun sudah tersusun, tetapi belum rapi. Nah, merapikannya ituah yang menjadi pekerjaan tidak mudah. Andai saja ada yang mampu membantu. Meringankan beban tentunya akan membuatku bernafas lebih lega. Andai saja. Sayangnya hanya aku sendiri yang harus menentukan,

By the way...

Hari ini aku bangun dengan tergesa,  bercucur keringat tapi penuh senyuman. Ada murid-murid kelas 5 di SD Cipedes V yang menanti pelajaran Bahasa Inggris bersamaku hari ini. Ada pula dua penguji lainnya untuk seminar proposal yang siap aku hadapi. Dua-duanya penting dan harus dijalankan di hari yang sama. Alhamdulillah... keduanya tidak bentrok. Aku bisa menghadap penguji yang satu sebelum mengajar di SD, dan menghadap penguji satunya lagi setelah mengajar. Semuanya berjalan menyenangkan.

Walaupun menyenangkan, ada beberapa hal yang aku catat di pikiranku hari ini. Ah.. memang tidak ada yang sempurna. Untuk seminar proposal, aku sadar memang aku masih hijau dan perlu masukan sebanyak-banyaknya. Proposal yang aku buat masih banyak kekurangannya. Saran-saran mengenai pemilihan redaksi kata untuk judul, research design, research questions, sample, dan grammatical mistakes sangat berguna sekali untuk rencana penelitianku. Tapi, aku jangan senang dulu. Masih ada revisi yang harus diajukan untuk bisa mendapatkan SK untuk bimbingan skripsi. Ah... Kata yang langsung muncul ketika kepalaku mulai remang-remang hanya satu: SEMANGAT!

Selain masalah proposal, catatanku hari ini mengenai teaching process yang aku jalankan. Aku gugup, aku tau. Apalagi ketika guru Bahasa Inggris SD tersebut masuk di tengah-tengah saat aku mengajar. Aku langsung gelagapan mencari udara. Kata-kata yang sudah aku susun sedemikian rupa langsung menguap. Sambil mencoba menyusun kata-kata kembali saat mengajar, aku harus dealing with the students, yang aku rasa sangat membutuhkan usaha yang keras. Aku mengajar di minggu ke-tiga, dimana murid-murid sudah mulai merasa terlampau akrab dan cenderung susah diatur... Oh My.. tenaga mereka untuk berteriak dan aktif di kelas seperti sulit untuk habis. Sejam mengajar terasa berjam-jam. Keringat mengucur dari pelipis kananku tanpa aku sadari. Yang aku tahu, lesson plan yang aku susun harus bisa dilaksanakan karena sudah aku pikirkan matang-matang. Tapi pada akhirnya, "lesson plan is just a plan..." seperti kata dosenku, semua terserah padaku sebagai guru. Namun aku pikir, karena aku sudah berani mengambil tantangan ini, aku tidak mau menyia-nyiakan rencana yang telah aku susun. Alhamdulillah kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan.

Tapi sekali lagi, aku tidak boleh lupa dengan catatanku. Masih ada kekurangan dimana seorang murid meminta aku untuk mengajarkan mereka bernyanyi. Bukannya aku tidak mau, tetapi aku takut akan berpengaruh pada waktu T_T. Selain itu, aku mengalami kesulitan saat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran jika ingin memasukkan lagu. Banyak lagu-lagu yang berkaitan dengan materi yang aku ajarkan, tapi aku rasa lagu-lagu itu terlalu sulit untuk level yang aku ajarkan. Aku pun mencoba membuat sendiri lagu yang akan aku ajarkan, tetapi aku pasrah, aku tidak mau mempermalukan diriku sendiri. Maka dari itu, saat murid memintaku untuk mengajak mereka bernyanyi, aku menolak. Entah itu baik atau buruk. 

Suasana kelas begitu hiruk pikuk tadi pagi. Semua anak ingin aktif di kelas, dan itu bagus. Di akhir pembelajaran aku meminta komentar dari guru kelas tersebut. Beliau sangat senang dengan pembelajaran yang aku ajarkan karena murid-murid sangat antusias dan kegiatan yang aku ajarkan pun beragam. Alhamdulillah. Meskipun sang guru tidak memberi kritikan, aku harus mengkritik diriku sendiri. Terlebih ketika ada kegiatan dadakan dimana aku meminta bantuan siswa yang telah beres mengerjakan tugas yang aku berikan untuk membantuku menempelkan gambar-gambar di papan tulis. Kata temanku itu terlihat crowded, dan aku pun menyadari. Tapi saat itu sudah aku pastikan murid lainnya sedang sibuk mengerjakan tugas yang aku berikan. Hua..........Semoga hasilnya baik-baik saja.  

Overall, apa yang aku lalui hari ini pasti membekas di pikiranku. Ada dua hal yang menjadi pengalaman pertama bagiku, dimana dua-duanya memberikan pengalaman yang berbeda. 



0 lost people:

Back to Top